Beranda / Lifestyle / Techno / Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite Masuk Indonesia
Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite Masuk Indonesia
Ilustrasi: Xiaomi Mi A2. (Foto: Androidcentral)

Xiaomi Mi A2 dan Mi A2 Lite Masuk Indonesia

BANDA ACEH, THEACEH.COM — Setelah diperkenalkan pertama kali di Spanyol pada Juli lalu, akhirnya Xiaomi resmi memboyong duo Mi A2 dan Mi A2 Lite ke Indonesia. Keduanya menjadi ponsel Android One terbaru dari Xiaomi setelah Mi A1 pada tahun 2017 lalu.

Sama seperti Mi A1, baik Mi A2 maupun Mi A2 Lite kembali mengandalkan sektor kamera sebagai andalannya. Selain mengalami peningkatan di sektor kamera, Mi A2 juga mendapatkan pembaruan di beberapa sektor lainnya.

“Kedua perangkat tersebut menawarkan komposisi luar biasa yang melampaui ekspektasi dengan tetap mempertahankan harga sebenarnya. Generasi penerus Android One dari Xiaomi merupakan jawaban dari kebutuhan akan smartphone fotografi yang powerful,” ujar Steven Shi, Country Manager Xiaomi Indonesia.

Setelah menempati posisi kedua sebagai brand smartphone terlaris di Indonesia pada kuartal kedua 2018 menurut IDC, Xiaomi tampaknya tidak mengendurkan manuver bisnisnya. Sebelum mengumumkan kehadiran Mi A2 dan Mi A2 Lite di Indonesia, perusahaan asal China itu baru saja meluncurkan Redmi 6 dan Redmi 6A, juga Pocophone F1 lewat sub brand barunya.

Tampilan
Perbedaan paling menonjol antara Xiaomi Mi A2 dengan Mi A2 Lite ialah pada tampilannya. Pada Mi A2 biasa, layarnya mengusung aspek rasio 18:9 dengan luas 5,99 inch dengan resolusi Full HD+. Layar ponsel ini diproteksi dengan Gorilla Glass 5.

Sementara Mi A2 Lite terlihat lebih kekinian karena memiliki notch alias dahi di bagian atas layar. Tapi ukurannya layarnya lebih kecil, yaitu 5,84 inch Full HD+ dengan aspek rasio 19:9.

Perbedaan lainnya terdapat pada jack audio yang hanya ada di Mi A2 Lite, sedangkan Mi A2 biasa sudah tidak memiliki jack headphone. Keduanya menempatkan sensor fingerprint di bagian belakang ponsel.

Kamera
Untuk urusan kameranya, Mi A2 memiliki kamera belakang ganda yang masing-masing beresolusi 12 MP dan 20 MP. Di bagian depan, ada kamera selfie beresolusi 20 MP.

Sama seperti Mi A2 versi biasa, Mi A2 Lite juga tampil dengan kamera belakang ganda tapi dengan resolusi yang lebih rendah pada kamera sekundernya. Kamera belakang Mi A2 Lite beresolusi masing-masing 12 MP dan 5 MP.

Bagi pencinta selfie, Mi A2 Lite disematkan kamera depan beresolusi 5 MP.

Dapur Pacu
Vendor asal China ini membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 660 pada Mi A2, di mana pendahulunya yaitu Mi A1 hanya menggunakan Snapdragon 625. Sementara pada Mi A2 Lite, Xiaomi menanamkan prosesor Snapdragon 625.

Berbeda dengan Mi A2 yang hanya tersedia dalam satu varian di Indonesia yaitu 4 GB dan 64 GB, Mi A2 Lite datang dalam dua varian RAM dan memori internal, yaitu 3 GB dan 32 GB serta 4 GB dan 64 GB. Di samping perbedaannya, baik Mi A2 dan Mi A2 Lite ini berjalan pada sistem operasi Android 8.1 murni.

Baterai
Untuk menunjang kegiatan di luar ruangan, Mi A2 memiliki kapasitas daya baterai sebesar 3.000 mAh. Sedangkan Mi A2 Lite punya kapasitas baterai yang lebih besar dari Mi A2 biasa dengan kapasitas baterai hingga 4.000 mAh. Untuk mengisi daya baterai dan transfer data, baik Xiaomi Mi A2 maupun Mi A2 Lite menggunakan USB Type-C.

Harga
Untuk pasar Indonesia, Mi A2 dibanderol dengan harga Rp 3,7 juta untuk model RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Sementara itu, Xiaomi mematok harga Rp 2,5 juta untuk Mi 2 Lite varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB serta Rp 3 juta untuk varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Xiaomi menjanjikan kedua perangkat ini akan tersedia secara online dan offline. Keduanya akan dijual secara eksklusif pada 27 September mendatang di Lazada dan Mi.com, juga seluruh Authorized Mi Store yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.[KUMPARAN]

About Redaksi

TheAceh.com adalah situs berita yang mengusung tagline “Dari Aceh untuk Dunia”. Memiliki visi “Merawat Aceh” menuntut Theaceh.com menyajikan informasi yang kredibel dan informatif

Lihat juga

Kejadian Langka Youtube Down Telah Berakhir

Kejadian Langka Youtube Down Telah Berakhir

BANDA ACEH, THEACEH.COM – Sekitar pukul 10.00 WIB, YouTube telah menginformasi bahwa permasalahan youtube down …